Rabu, 05 Februari 2014

Benteng ERFPRINS Saksi Bisu Kota Bangkalan

Berita Bangkalan- Ditengah kota tepatnya disamping Kantor Unit Laka Lantas Polres Bangkalan, berdiri kokoh bangunan tua. Bangunan itu dikelilingi tembok setinggi 4,5 meter, dengan ketebalan tembok 0,5 meter, di dalam dinding tersebut terdapat gedung yang memiliki luas 980 m2. Luas seluruh bangunan penginggalan tua tersebut 7.249 m2.

Masyarakat bangkalan umumnya mengenal bangunan tersebut sebagai Benteng Bangkalan atau Benteng Kolonial, Namun sebenarnya nama benteng tersebut “ERFPRINS” yang diambil dari nama kecil Raja Williem III sebelum dilantik menjadi Raja Belanda. Hal ini didasakan pada Surat yang dikirim KITV (Koninklijik Instituut voor de Tropen) dan ditujukan pada Direktur Museum Cakraningrat, pada bulan Mei 2010.

 Bangunan tua  yang terletak di dusun Sumur Kembang, Kelurahan Pejagan Kota Bangkalan ini sangat dimungkinkan merupakan gedung persenjataan pada masa kolonial. Benteng ERFPRINS merupakan salah satu Cagar Budaya di kabupaten Bangkalan, hal ini diperkuat dengan Surat Keterangan Benda Cagar Budaya dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Trowulan (BP3 Trowulan), tertanggal 12 Desember 2003.


Berita Lebih Lengkap http://portalmadura.com/sosial-budaya/benteng-erfprins-saksi-bisu-kota-bangkalan/

thumbnail
Judul: Benteng ERFPRINS Saksi Bisu Kota Bangkalan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz