Sabtu, 11 Januari 2014

Madani People

Pengertian Masyarakat Madani
Sebelum dikemukakan pengertian masyarakat madani, terlebih dahulu perlu diperhatikan berbagai pendapat beberapa ahli yang memberikan konsep tentang masyarakat madani. Adapun beberapa pendapat tersebut sebagai berikut:
  1. Zbigniew Rau, dengan latar belakang kajiannya pada kawasan Eropa Timur dan Uni Soviet. Masyarakat madani atau civil society adalah sebuah masyarakat yang bebas dari pengaruh keluarga dan kekuasaan negara yang diekspresikan dalam gambara ciri-cirinya yaitu individualisme, pasar (market) dan pluralisme.
  2. Han Sung Joa dengan latar belakang kasus Korsel. Masyarakat madani atau civil society adalah sebuah kerangka hukum yang melindungi dan menjamin hak-hak dasar individu, perkumpulan sukarela yang terbebas dari negara, suatu ruang publik yang mampu mengartikulasikan isu-isu politik, gerakan warga negara yang mampu mengendalikan diri dan independen, yang secara bersama-sama mengakui norma-norma dan budaya yang menjadi identitas dan solidaritas yang terbentuk.
  3.  Kim Sunhyuk, latar belakang kajiannya pada kasus Korea Selatan. Masyarakat madani atau civil society adalah organisasi-organisasi kemasyarakatan yang relatif memposisikan secara otonom dari pengaruh  dan kekuasaan negara dengan mensyaratkan adanya ruang publik (public sphere) untuk memperjuangkan kepentingan-kepentingan tertentu.
Dari ketiga pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa civil society adalah sebuah kelompok atau tatanan masyarakat yang berdiri secara mandiri dihadapan penguasa dan negara, memiliki ruang publik (public sphere) dalam mengemukakan pendapat, adanya lembaga-lembaga yang mandiri yang dapat menyalurkan aspirasi dan kepentingan publik.
Lebih Lengkap Tentang Masyarakat Madani
thumbnail
Judul: Madani People
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz